adf.ly

Jumat, 06 Mei 2011

FFB 2011: Deddy Mizwar, Mieke Widjaya Sabet Lifetime Achievement Award

Aktor kawakan Deddy Mizwar dan aktris Mieke Widjaya mendapat anugerah Lifetime Achievement Award pada puncak Festival Film Bandung (FFB) 2011 yang digelar di salah satu hotel di Kota Bandung, Jumat (6/5) malam.

Penghargaan tersebut diberikan kepada kedua artis senior tersebut sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian seumur hidup bagi dunia perfilman di Indonesia. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan yang disaksikan oleh sejumlah tokoh perfilman Jawa Barat.

"Penghargaan ini menjadi pemicu saya untuk terus berkarya dan menghasilkan karya lainnya. Ia berharap semangat dari FFB bisa mendorong lahirnya karya film berkualitas lainnya," kata Deddy Mizwar.

Namun aktor legendaris dengan peran Naga Bonar itu mengaku bingung karena penghargaan itu diberikan kepada dirinya yang sudah lebih dari 50 tahun. "Penghargaan ini rutin diberikan setiap festival film, sayangnya penerimanya di atas 50 tahun. Jadi apa saya masih bisa meningkatkan dan memacu kemampuan saya ini," kata Deddy sambil terkekeh.

Pada kesempatan itu, Deddy Mizwar mengapresiasi penyelenggaraan Festival Film Bandung (FFB) yang merupakan sebuah apresiasi perfilman yang sudah digelar hampir seperempat abad tanpa terputus. Menurut Deddy, festival film tersebut harus mampu mendorong semangat lahirnya film-film yang mengangkat potensi dan budaya daerah.

"FFB harus mencontoh festival film di luar negeri, di Prancis contohnya yang memiliki karakter dan standar penilaian yang diakui sehingga bisa mengawal dunia perfilman tetap wangi," katanya.

Selain menerima Lifetime Achievement Award, lewat filmnya Alangkah Lucunya (Negeri Ini), ia juga masuk menjadi nominator sutradara terpuji. Pada FFB 2011, film itu menyabet satu nominasi yakni untuk penata artistik terpuji atas nama Tito Kurnianto.

Sementara itu, penerima Lifetime Achievement Award FFB 2011 lainnya, Mieke Widjaya menyatakan senang dengan penghargaan itu. "Sangat menyenangkan penghargaan ini diterima dari festival film yang digelar di tanah kelahiran saya," kata Mieke Wijaya yang saat itu mengenakan busana putih-putih.

Festival Film Bandung 2011 menjadi ajang pembuktian bagi film Sang Pencerah yang disutradarai Hanung Bramantyo yang menyabet tujuh nominasi pada malam itu. Dengan demikian Sang Pencerah menjadi Film Terpuji FFB 2011. (

Tidak ada komentar:

Posting Komentar